Ads-Banner Header

Loading

05 Agustus 2012

Panduan Menjual Rumah - Persiapan Sebelum Menjual Rumah

[civiliana] - Semua orang sebenarnya bisa menjual rumah. Masalahnya, berapa cepat waktu yang dibutuhkan untuk menjualnya dan pada harga berapa rumah itu Terjual. Yang seringkali terjadi adalah sebuah rumah bisa cepat terjual saat harganya rendah. Demikian pula sebaliknya. Ketika harga jual cukup tinggi, dibutuhkan waktu sedikit lama untuk menjual rumah itu. Jika saja seandainya kedua hal itu bisa dipadukan dan berhasil. Nah, inilah yang disebut dengan SUKSES MENJUAL. Banyak pekerjaan yang perlu dilakukan sebelum sebuah rumah siap untuk dipasarkan. Pada kondisi pasar yang kompetitif ini, kita perlu melakukan langkah yang tepat agar rumah dapat terjual dengan cepat dan yang terpenting, mendapatkan harga jual yang baik.
Panduan Menjual Rumah - Persiapan Sebelum Menjual Rumah
[civiliana] - Semua orang sebenarnya bisa menjual rumah. Masalahnya, berapa cepat waktu yang dibutuhkan untuk menjualnya dan pada harga berapa rumah itu Terjual. Yang seringkali terjadi adalah sebuah rumah bisa cepat terjual saat harganya rendah. Demikian pula sebaliknya. Ketika harga jual cukup tinggi, dibutuhkan waktu sedikit lama untuk menjual rumah itu. Jika saja seandainya kedua hal itu bisa dipadukan dan berhasil. Nah, inilah yang disebut dengan SUKSES MENJUAL.

Menjual rumah tidak mudah !

Banyak pekerjaan yang perlu dilakukan sebelum sebuah rumah siap untuk dipasarkan. Pada kondisi pasar yang kompetitif ini, kita perlu melakukan langkah yang tepat agar rumah dapat terjual dengan cepat dan yang terpenting, mendapatkan harga jual yang baik.
Proses penjualan sendiri terkadang sangat melelahkan. Pemilik rumah tidak bisa hanya mengandalkan papan tanda DIJUAL di depan rumah, atau sekedar memasang iklan di surat kabar. Pemilik rumah harus siap sewaktu-waktu meninggalkan pekerjaan di kantor atau tempat kerjanya untuk mendampingi calon pembeli yang melihat-lihat rumahnya. Pemilik rumah juga perlu menampilkan rumahnya semenarik mungkin agar mendapat perhatian calon pembeli, ditambah lagi harus menjalani proses negosiasi yang terkadang memakan waktu yang lama.
Yang lebih menjengkelkan adalah proses tersebut bisa gagal karena faktor-faktor yang sebelumnya tidak diprediksi oleh pemilik rumah.
Untuk meminimalkan resiko kegagalan penjualan itu, sekaligus mempermudah proses penjualan, tidak ada ruginya pemilik rumah meminta bantuan seorang Agen Properti untuk menjual rumahnya.

Peran Agen Properti Dalam Membantu Memasarkan Rumah Anda

Agen Properti juga merupakan seorang negosiator dan konsultan bagi pemilik rumah selama proses penjualan.
Tugas-tugas seorang Agen Properti, adalah :
  • Membuat Surat Perjanjian Listing dengan Kantor Real Estate Broker.
  • Menerangkan tentang proses penjualan secara detail.
  • Memberikan Analisa Perhitungan Harga Pasar kepada pemilik rumah agar mereka mengetahui perkiraan harga jual rumah yang sebenarnya.
  • Memberikan informasi dan strategi cara meningkatkan penampilan rumah agar lebih cepat terjual.
  • Memberikan Action Plan atau rencana kerja, yaitu bagaimana langkah atau cara mereka memasarkan rumah Anda.
  • Membuat jadwal janji temu untuk memperlihatkan rumah ke calon pembeli potensial.
  • Membantu proses tawar menawar selama negosiasi harga.
  • Memberikan nasehat tentang proses legal dan masalah pembayaran.
  • Membantu Anda menyelesaikan penjualan secara tuntas.

Menemukan Agen Properti yang Tepat

Memilih Agen Properti itu mudah tetapi menemukan Agen Properti yang tepat itu susah. Di kota tempat Anda tinggal Anda akan menemukan banyak Agen Properti yang setiap hari memasarkan rumah dan properti yang lain, tetapi masalahnya bagaimana Anda memilih Agen Properti yang tepat untuk menjawab kebutuhan Anda ?

Cara Memilih Agen Properti Itu Bermaca-macam :

  • Pengalaman pribadi
    Menelepon kembali Agen Properti yang pernah menjualkan rumah Anda.
  • Referensi
    Coba bertanya ke teman, keluarga atau kolega Anda, siapa Agen Properti yang pernah menjualkan rumah mereka.
  • Buletin dan website
    Agen Properti yang aktif biasanya sering memasang iklan di buletin dan website kantor tempat dia bekerja.
  • Media iklan lain
    Seorang Agen Properti yang rajin akan memasang iklan di surat kabar, mengirimkan flyer, kartu pos atau selebaran lain.
  • Janji temu
    Mungkin Anda perlu untuk bertemu dengan beberapa Agen Properti sebelum memutuskan akan bekerja dengan siapa.

Ciri-ciri seorang Agen Properti yang ideal antara lain :

  • Sangat peduli pada tujuan Anda membeli rumah, atau rumah seperti apa yang menjadi minat Anda dan keluarga Anda.
  • Harus mempunyai pengetahuan yang baik tentang kondisi, harga pasar suatu area dan spesialis properti tertentu.
  • Dapat memberikan pelayanan secara profesional bagi pemilik rumah yang menjadi klien mereka.
  • Dapat memberikan hasil yang maksimal, dibuktikan dengan adanya tanda TERJUAL di rumah mereka.
Secara ringkas, dapat dikatakan bahwa Agen Properti Anda adalah kombinasi dari penasehat pribadi, konsultan serta negosiator Anda.

Pertanyaan-Pertanyaan yang Perlu Diajukan saat Memilih Agen Properti :

Sebelum menandatangani perjanjian listing, pastikan Anda, sebagai penjual, mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini:
  • Dapatkah Anda mengirimkan informasi tentang diri Anda ?
    Anda dapat memperoleh gambaran tentang seberapa profesional seorang Agen Properti dari perlengkapan atau material pemasarannya. Jika Agen Properti ini tidak menampakkan kesan profesional, bagaimana Anda dapat membiarkan mereka memasarkan rumah Anda ?
  • Berapa lama Anda menjadi Agen Properti ?
    Anda bisa memilih Agen Properti untuk bekerja sama dengan Agen Properti yang sudah mempunyai pengalaman beberapa tahun, atau Anda memilih Agen Properti yang masih baru tapi mempunyai semangat tinggi, mempunyai pengetahuan yang bagus dan mempunyai kemampuan yang berkualitas.
  • Apakah Anda bekerja secara full-time ?
    Ini menunjukkan juga komitmen Agen Properti saat menjual rumah Anda dan kemungkinan berapa lama rumah Anda berada di pasar. Jika Agen properti Anda hanya bekerja sebagai "part-time", Anda bisa berharap hasilnya juga part-time.
  • Dapatkah saya membatalkan listing bila kurang puas dengan kinerja Anda? Apakah Anda punya sebuah klausul soal garansi kinerja Anda ?
    Anda akan menemukan Agen Properti yang berani menjamin kepuasan Anda tentang kinerjanya. Hal ini yang berarti bila Anda tidak puas terhadap kinerjanya Anda dapat membatalkan perjanjian listing-nya, tetapi bila Agen Properti Anda tidak memiliki garansi secara tertulis tidak berarti bahwa mereka tidak termotivasi untuk menjual rumah Anda.
  • Bagaimana cara Anda memberi laporan kinerja Anda kepada saya selama proses penjualan ?
    Agen Properti yang baik sering menelepon, atau mengirim laporan secara tertulis setiap beberapa hari sekali agar Anda dapat memantau sejauh mana kemajuan yang dicapainya saat memasarkan rumah Anda.
  • Berapa banyak rumah yang Anda listing dan berapa banyak yang terjual dalam enam bulan terakhir ?
    Carilah Agen Properti yang berpengalaman dengan properti yang sejenis dengan rumah Anda dan sebisa mungkin Agen Properti yang aktif di area Anda. Agen Properti Anda harus mempunyai catatan prestasi yang baik dalam menjual rumah bukan hanya prestasi listing-nya saja.
  • Berapa lama rata-rata Anda dapat menjual rumah ?
    Bagaimana bila dibandingkan Agen Properti lain ?

    Jangan berasumsi bahwa semakin cepat sebuah rumah terjual berarti semakin baik. Terkadang hal ini menunjukkan kebiasaan Agen Properti yang hanya dapat menjual rumah kalau harganya di bawah harga pasar saja. Bandingkan harga yang Anda minta dengan harga hasil analisa Agen Properti tersebut. Agen Properti yang menghitung harga rumah Anda mendekati dengan harga yang diminta tetapi meminta waktu penjualan yang lebih lama mungkin lebih cocok pada kasus ini.
  • Bagaimana cara Anda memasarkan rumah saya ?
    Tanyakan kepada Agen Properti Anda untuk memberikan gambaran bagaimana mereka akan mengiklankan rumah Anda, seperti : iklan koran, open house, flyer atau newsletter, internet, dll. Pastikan bahwa Agen Properti Anda memakai banyak cara untuk mendapatkan caloncalon pembeli, yang mana akan mempercepat proses terjualnya rumah Anda dan mendapatkan harga jual yang lebih tinggi.
  • Apakah Anda sering mendapatkan hasil dari referensi atau klien lama ?
    Agen Properti yang balk akan mendapatkan banyak referensi dari klien yang puas dengan pelayanan yang diberikannya. Klien lama akan senang bisa terus bekerja sama dan berhubungan dengan mereka.
  • Maukah Anda memberi saya hasil pemasaran secara tertulis ?
    Hasil tertulis ini memberikan kegiatan apa yang telah diambil terhadap rumah Anda. Laporan tersebut akan menunjukkan berapa banyak yang telah melihat tempat tersebut dalam seminggu terakhir dan komentar talon pembeli terhadap rumah tersebut.
Semoga Bermanfaat
( ==o0o== )
Sumber :
PANDUAN MENJUAL RUMAH
Property Leaders, editor : Esther M. Tanuadji
- (Illuminatie, 2008)

0 komentar:

Posting Komentar

Jika anda menemukan masalah pada link download atau anda punya saran, silahkan berikan komentar. Kami sangat berterima kasih atas partisipasi anda, dan akan berusaha untuk memperbaiki secepatnya...
Terima Kasih...

Ads-Banner Side

10 Artikel Populer Minggu Ini :

Ads-Banner Side-2

Artikel Terkait Lainnya :

Ads-Banner Side-3

 
 

Ads-Google-Text Link