Ads-Banner Header

Loading

19 Mei 2012

Panduan Geoteknik - Timbunan Jalan Pada Tanah Lunak

Seri Buku Panduan Geoteknik ini, terdiri dari 4 buku, yaitu : (1). Panduan Geoteknik 1 : Proses Pembentukan dan Sifat-sifat Dasar Tanah Lunak (2). Panduan Geoteknik 2: Penyelidikan Tanah Lunak - Desain & Pekerjaan Lapangan (3). Panduan Geoteknik 3 : Penyelidikan Tanah Lunak - Pengujian Laboratorium dan (4). Panduan Geoteknik 4 : Desain dan Konstruksi. Dirancang sebagai sebuah studi terhadap tanah lunak dan tanah lapukan tropis Indonesia yang diharapkan dapat menghasilkan panduan geoteknik dan kontruksi yang cocok untuk kondisi di Indonesia. Diharapkan pula, dengan pengembangan sumber daya manusia dan peralatan yang tepat, dapat meningkatkan kemampuan penelitian dalam bidang geoteknik di Pusat Litbang Prasarana Transportasi. Proyek ini merupakan bagian dari kerangka penelitian pembangunan jalan di atas tanah lunak yang dimulai sejak permulaan tahun 1990.
Panduan Geoteknik-Timbunan Jalan pada Tanah Lunak
Panduan Geoteknik yang dibuat pada proyek Indonesian Geotechnical Materials and Construction (IGMC) ini dirancang sebagai sebuah studi terhadap tanah lunak dan tanah lapukan tropis Indonesia yang diharapkan dapat menghasilkan panduan geoteknik dan kontruksi yang cocok untuk kondisi di Indonesia. Diharapkan pula, dengan pengembangan sumber daya manusia dan peralatan yang tepat, dapat meningkatkan kemampuan penelitian dalam bidang geoteknik di Pusat Litbang Prasarana Transportasi. Proyek ini merupakan bagian dari kerangka penelitian pembangunan jalan di atas tanah lunak yang dimulai sejak permulaan tahun 1990.
Pelapukan tanah yang terjadi pada kondisi tropis berbeda dengan yang terjadi pada daerah dengan iklim sedang, sehingga masing-masing tipe tanah dengan karakteristik yang berbeda tersebut membutuhkan penanganan yang berbeda pula dalam mengatasi permasalahan konstruksi. Penerapan berbagai metode penanggulangan yang telah dikembangkan untuk daerah dengan iklim sedang tidak akan selalu cocok untuk diterapkan pada tanah beriklim tropis. Oleh karenanya perlu dilakukan suatu evaluasi terhadap teknologi yang telah dikembangkan untuk daerah dengan iklim sedang tersebut sebelum diterapkan di Indonesia dan untuk itu dikembangkan suatu teknologi yang lebih cocok melalui upaya-upaya penelitian setempat.
Penerapan langsung mekanika tanah dan batuan “klasik” yang dikembangkan di daerah beriklim sedang akan tidak serta merta cocok untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di daerah tropis. Sifat-sifat alami dari material bumi daerah tropis memerlukan pengujian dan analisis yang berbeda dengan material di daerah beriklim sedang. Prinsip yang sama berlaku untuk teknik desain dan konstruksi. Oleh karenanya dibutuhkan fasilitas penelitian yang khusus untuk melakukan penyelidikan, bila praktek-praktek desain dan konstruksi yang ada ingin ditingkatkan agar jalan yang dibangun di atas tanah lunak dapat memberikan tingkat paelayanan yang disyaratkan.
Program kegiatan ini dilaksanakan oleh Pusat Litbang Prasarana Transportasi bersama Tim Konsultan. Proyek ini seluruhnya didanai oleh pinjaman Pemerintah Indonesia dari International Bank for Reconstruction and Development, Highway Sector Investment Programme 2, Loan Number 3712-IND.

Download Seri Panduan Geoteknik ( Timbunan Jalan pada Tanah Lunak )

1.Panduan Geoteknik 1
Proses Pembentukan dan Sifat-sifat Dasar Tanah Lunak
Ketentuan dan persyaratan dalam proses pembentukan dan sifat-sifat dasar tanah lunak.
Perbedaan tipe-tipe tanah lunak di Indonesia, membuat penilaian awal dimana tanah akan ditemukan, mengidentifikasi keberadaan tanah lunak.

(3,86 MB)
2.Panduan Geoteknik 2
Penyelidikan Tanah Lunak - Desain & Pekerjaan Lapangan
Ketentuan dan persyaratan dalam proses desain dan pekerjaan serta penyelidikan tanah lunak.
Penjelasan studi awal untuk mengumpulkan informasi tanah, menentukan jenis penyelidikan lapangan dan pengujian laboratorium, persyaratan khusus untuk pelaksanaan pekerjaan tanah lunak, prosedur dalam perencanaan di tanah lunak.

(1,64 MB)
3.Panduan Geoteknik 3
Penyelidikan Tanah Lunak - Pengujian Laboratorium
Ketentuan dan persyaratan dalam pengujian laboratorium.
Ceklis untuk evaluasi kemampuan laboratorium pengujian geoteknik, faktor pengaruh dalam perencanaan, prosedur pengujian standar tanah, prosedur untuk mengurangi gangguan contoh tanah.

(2,68 MB)
4.Panduan Geoteknik 4
Desain dan Konstruksi
Persyaratan dan ketentuan dalam proses desain dan pelaksanaan konstruksi.
Metoda untuk menguji keabsahan data penyelidikan, proses pengambilan keputusan, metoda analisis stabilitas tanah, persyaratan dalam penyusunan laporan desain.

(2,33 MB)
Sumber :
NSPM Bintek Ditjen Bina Marga : http://www.bintek-nspm.net
- Terima Kasih -

0 komentar:

Posting Komentar

Jika anda menemukan masalah pada link download atau anda punya saran, silahkan berikan komentar. Kami sangat berterima kasih atas partisipasi anda, dan akan berusaha untuk memperbaiki secepatnya...
Terima Kasih...

Ads-Banner Side

10 Artikel Populer Minggu Ini :

Ads-Banner Side-2

Artikel Terkait Lainnya :

Ads-Banner Side-3

 
 

Ads-Google-Text Link