Ads-Banner Header

Loading

28 Mei 2012

Modul Pelatihan Geosintetik

Modul Pelatihan Geosintetik
Modul Pelatihan Geosintetik ditujukan untuk membantu memahami Pedoman Perencanaan dan Pelaksanaan Perkuatan Tanah dengan Geosintetik No. 003/BM/2009 serta pedoman dan spesifikasi geosintetik untuk filter, separator dan stabilisator.
Modul Pelatihan Geosintetik terdiri dari enam volume yang mencakup topik klasifikasi dan fungsi geosintetik; perkuatan timbunan di atas tanah lunak; perkuatan lereng; dinding tanah yang distabilisasi secara mekanis; geotekstil separator dan stabilisator; dan geotekstil filter.

Download Modul Pelatihan Geosintetik

Volume 1 :
Klasifikasi & Fungsi Geosintetik
(2.4 MB)
Modul Volume 1 ini merupakan pengantar dari modul-modul selanjutnya yang berisi gambaran umum jenis geosintetik, fungsi dan aplikasi geosintetik serta sifat-sifat geosintetik. Pada modul ini, jenis geosintetik diterangkan secara rinci mulai dari segi bentuk fisik, deskripsi polimer pembentuknya hingga proses produksinya. Sehubungan dengan fungsi dan aplikasi geosintetik, modul ini memberikan gambaran konsep dasar untuk mensimulasikan kondisi lapangan ke dalam pengujian laboratorium agar Peserta Pelatihan dapat menentukan jenis pengujian yang dibutuhkan ketika terlibat dalam desain atau konstruksi dengan geosintetik.
Modul ini juga mencakup hal-hal mendasar yang perlu dipahami ketika menangani geosintetik, diantaranya penentuan jumlah benda uji untuk pengendalian mutu di lapangan, serta definisi-definisi penting yang berhubungan dengan variabilitas geosintetik.
Volume 2 :
Perkuatan Timbunan di Atas Tanah Lunak
(1.3 MB)
Modul Volume 2 ini berisi pembahasan mengenai fungsi geosintetik sebagai perkuatan timbunan di atas tanah lunak. Di dalam modul ini dibahas prinsip dasar, fungsi dan aplikasi geosintetik dan pemilihan sifat teknis untuk analisis pada tahap berikutnya. Mekanisme keruntuhan yang terjadi pada timbunan di atas lunak dijelaskan dengan detail disertai dengan ilustrasinya. Pasal analisis dan desain memberikan prosedur desain timbunan, terutama bagaimana cara menentukan besar faktor keamanan timbunan sebelum diperkuat dan setelah diperkuat dengan geosintetik. Pasal pelaksanaan konstruksi disertai dengan pengawasan dan pemantauan instrumen memberikan gambaran umum tahapan konstruksi di lapangan dan instrumen yang dibutuhkan.
Modul volume 2 ini disertai dengan contoh soal sehingga anda dapat menentukan dapat langsung menerapkan langkah-langkah perhitungan yang disampaikan.
Volume 3 :
Perencanaan Geosintetik untuk Perkuatan Lereng
(1.6 MB)
Modul Volume 3 ini merupakan aplikasi dari penggunaan geosintetik sebagai perkuatan lereng yang berisi gambaran umum sifat-sifat teknis tanah dasar, tanah timbunan yang diperkuat, tanah timbunan yang ditahan, sifat-sifat geosintetik, interaksi tanah dan geosintetik dan tahapan perencanaan dan pelaksanaan lereng tanah yang diperkuat. Pada modul ini, tahapan perencanaan lereng tanah yang diperkuat diterangkan secara rinci mulai dari fungsi dan mekanisme perkuatan lereng tanah dengan geosintetik, hingga tahapan perencanaan dan pelaksanaan. Sehubungan dengan fungsi dan aplikasi geosintetik sebagai perkuatan lereng, modul ini memberikan gambaran konsep dasar untuk mensimulasikan tahapan perencanaan agar Peserta Pelatihan dapat menentukan skema perkuatan geosintetik yang dibutuhkan ketika terlibat dalam desain atau konstruksi perkuatan lereng.
Volume 4 :
Perencanaan dan Pelaksanaan Dinding Penahan Tanah yang diperkuat Geosintetik
(2.0 MB)
Modul Volume 4 ini menerangkan secara rinci fungsi dan aplikasi dinding penahan tanah yang diperkuat dengan geosintetik, atau dikenal juga sebagai Mechanically Stabilized Earth Wall (MSEW), tipe-tipe strukturnya serta elemen-elemen utama dinding tersebut. Pada modul ini juga diuraikan jenis-jenis elemen penutup muka (facing) yang umum digunakan untuk melapisi bagian luar dinding penahan tanah dengan disertai oleh ilustrasi gambar. Sehubungan dengan pelaksanaan konstruksi ini di lapangan, modul ini juga memberikan tahapan-tahapan analisis serta konsep desain yang diacu. Modul juga disertai contoh perhitungan agar Peserta Pelatihan dapat menghitung kebutuhan geosintetik sebagai perkuatan dinding.
Pada bagian akhir modul ini dibahas mengenai tahap-tahap pelaksanaan di lapangan serta beberapa ulasan mengenai kontrol kualitas dan monitoring instrumentasi di lapangan setelah konstruksi dibangun.
Volume 5 :
Pedoman Penggunaan Geosintetik untuk Konstruksi Jalan
(2.6 MB)
Modul Volume 5 ini berisi uraian fungsi geosintetik pada konstruksi jalan, sifat-sifat geosintetik yang penting sesuai dengan fungsinya sebagai separator dan stabilisator pada konstruksi jalan tanpa perkerasan, desain geosintetik pada jalan tanpa perkerasan, pengenalan penggunaan paving fabric pada lapis tambah, panduan pemasangan geosintetik, dan spesifikasi geosintetik yang berfungsi sebagai separator dan stabilisator pada konstruksi jalan.
Volume 6 :
Perencanaan Geotekstil Filter untuk Drainase Bawah Permukaan
(1.5 MB)
Modul Volume 6 ini berisi mengenai definisi penyaring (filter), aplikasi, perencanaan, spesifikasi, dan prosedur pelaksanaan.
- Terima Kasih -

0 komentar:

Posting Komentar

Jika anda menemukan masalah pada link download atau anda punya saran, silahkan berikan komentar. Kami sangat berterima kasih atas partisipasi anda, dan akan berusaha untuk memperbaiki secepatnya...
Terima Kasih...

Ads-Banner Side

10 Artikel Populer Minggu Ini :

Ads-Banner Side-2

Artikel Terkait Lainnya :

Ads-Banner Side-3

 
 

Ads-Google-Text Link